Teknik Dasar yang Harus Dikuasai oleh Pemain Softball

Softball adalah salah satu cabang olahraga beregu yang membutuhkan kerja sama tim dan ketangkasan yang baik dalam permainannya. Ingin mencoba bermain softball? Ketahui lebih dulu teknik dasar yang harus dikuasai pemain softball dan penjelasanya.

Jumlah pemain dalam softball adalah Sembilan di setiap tim atau regu. Kesembilan orang tersebut mempunyai peran dan tugas masing-masing agar bisa menang. Olahraga softball biasa dimainkan di lapangan softball khusus atau lapangan rumput.

Tujuan dari permainan softball yakni untuk mencetakkan poin melalui permainan pemain lewat base ke base dan kembali ke home plate. Olahraga softball di Indonesia mulai berkembang di tahun 1964 dan makin populer di kalangan mahasiswa dan pelajar.

Di tahun 1970-an, softball mulai menjadi olahraga resmi di Indonesia dan terus mengalami perkembangan hingga kini. Softball sudah masuk menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingankan di SEA Games dan PON atau Pekan Olahraga Nasional.

Kami akan membahas terkait apa saja teknik dasar softball dan penjelasannya yang harus dikuasai oleh pemain. Simak penjelasannya hingga akhir.

Teknik Dasar Softball dan Penjelasannya

Untuk dapat memainkan permainan softball dengan benar dan baik, perlu untuk mengetahui dan menguasai teknis dasar softball. Teknik dasar permainan softball ini perlu dikuasai pemain agar bisa memainkan permainan dengan benar.

Apa saja teknik dasar dalam softball? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Teknik Memegang Bola

Teknik memegang bola menjadi dasar pertama yang harus dikuasai jika ingin bermain softball. Ada tiga cara teknik memegang bola dalam softball, berikut adalah penjelasannya.

  • Pegangan Dua Jari atau Two Finger Grip
    Pemain bisa memposisikan jari tengah dan jari telunjuk di permukaan atas bola. Sedangkan, tiga jari yang lain memegang permukaan bola lain. Hasil dari menggunakan teknik ini adalah lemparan bola back spin.
  • Pegangan Tiga Jari atau Thre Finger Grip
    Teknik pegangan tiga jari ini berguna untuk membuat pegangan bola semakin kuat. Caranya dengan meletakkan jari manis, jari telunjuk, dan jari tengah untuk memegang bola. Sedangkan, jari kelingking dan ibu jari memegang permukaan bola di bagian bawah.
  • Pegangan Empat Jari atau Four Finger Grip
    Cara ini bisa dilakukan dengan memegang sekeliling bola dengan memakai lima jadi menjadi satu genggaman. Teknik pegangan empat jari ini bisa menghasilkan putaran bola samping.

2. Teknik Memukul atau Batting

Pemain softball harus mengusai kemampuan teknik memukul untuk bisa mendapatkan poin. Dalam teknik memukul ini, dibutuhkan koordinasi antara mata dan tangan yang baik. Berikut dua cara teknik memukul bola softball yang dapat dipelajari:

  • Pukulan Swing
    Teknik pukulan ini dilakukan dengan mengayunkan lengan untuk memukul bola sekeras-kerasanya, hingga bola jatuh di luar lapangan. Pemain perlu rileks ketika memegang bat.
    Saat bola datang, geser kaki ke arah depan datangnya bola. Jika pemain ingin bola terpukul melambung, maka bisa mengayunkan bat ke atas. Sedangkan, jika ingin bola terpukul lurus maka ayunkan bat secara lurus juga.
  • Pukulan Bunt
    Cara melakukan pukulan bunt dengan menahan laju arah bola. Teknik awalannya mirip dengan pukulan swing. Yang membedakannya adalah ketika memukul bola tak disertai dengan ayunan. Oleh karena itu, teknik pukulan ini disebut dengan pukulan pendek atau pukulan tanpa ayunan.

3. Teknik Menangkap atau Catching

Pemain softball harus memiliki keterampilan bertahan yakni menangkap.Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk menguasai bola menggunakan tangan yang memakai glove, dari lemparan atau pukulan satu tim.

Pemain harus mempunyai kemampuan menangkap yang tangkas. Selain itu, harus mampu untuk cepat melempar bola kembali. Ada dua teknik menangkap bola dalam softball yakni ground ball dan fly ball.

4. Teknik Melempar atau Pitching

Teknik melempat masuk ke keterampilan bertahan dalam softball. Pemain harus jeli untuk memperhatikan unsur ketepatan dan kecepatan. Pelempar bola harus mengetahui bagaimana cara memegang bola dan tekniknya.

5. Teknik Meluncur atau Sliding

Teknik meluncur ini dilakukan oleh pelari yang bisa membaca situasi untuk melalukan stealing. Tindakan ini dilakukan oleh posisi base runner yang berusaha untuk maju ke base di depannya, ketika patcher mulai melemparkan bola.

Teknik meluncur ini dilakukan dengan jarak dua hingga tiga meter dari base yang ada di depannya. Pemain dapat melakukan tiga jenis sliding dalam softball, yakni meluncur mengait, meluncur lurus, dan meluncur kepala lebih dulu.

6. Teknik Menjaga atau Fielding

Teknik menjaga adalah kemampuan gerak dasar untuk pertahanan tim. Teknik ini membutuhkan konsentrasi dan focus tinggi, sebelum bola dipukul oleh batter. Pemain harus bisa mengantisipasi segala kemungkinan, termasuk arah datangnya bola.

7. Teknik Berlari Antar Base

Teknik ini dilakukan usai pemain memukul bola dari pitcher, dan pemain harus berlari sprint atau cepat. Teknik berlari sprin ini dilakukan dengan lari menggunakna ujung kaki, tangan diayunkan agar tak tegang. Tubuh pun condong ke depan dengan paha yang diangkat tinggi sedikit.

Demikian penjelasan mengenai teknik dasar dalam permainan bola softball. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu.

Demikianlah Informkasi Tentang Teknik Dasar yang Harus Dikuasai oleh Pemain Softball yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Teknik Dasar yang Harus Dikuasai oleh Pemain Softball Bermanfaat bagi anda.

Populer

Flashnews