Daftar Tanaman Hias Indoor yang Hidup Dengan Minim Cahaya

Sinar matahari merupakan salah satu faktor penunjang kehidupan segala jenis tanaman hias. Namun, ada beberapa macam tanaman hias yang bisa hidup di cahaya rendah, bahkan tumbuh dengan subur. Berikut adalah beberapa tanaman hias indoor yang hidup dengan mini cahaya.

Jenis tanaman hias yang bisa hidup meski mendapatkan sedikit sinar matahari ini sangat cocok ditanam di ruangan yang teduh. Bagi orang yang suka menjadikan area yang kurang mendapatkan cahaya tampak lebih segar dan berwarna, jenis tanaman hias tersebut cocok dijadikan pilihan.

Lorraine Thompson selaku ahli rumah dan taman yang juga merupakan pendiri situs web Best Florist Review menerangkan ada beberapa situasi yang harus diperhatikan agar menjadikan tanaman hias berbunga dan bertumbuh kembang. Meliputi, kelembapan tanah, mendapatkan nutrisi, dan berikan drainase yang baik.

Penjelasan lebih lanjut mengenai jenis dan bentuk ragam tanaman hias indoor yang bisa hidup dengan minim cahaya dijelaskan dengan rinci sebagai berikut.

1. Begonia

Sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki warna, gaya, dan bentuk yang beragam, Begonia dikategorikan sebagai bunga hias terbaik untuk area yang minim terkena sinar matahari. Hal ini karena bunga Begonia dapat tumbuh dengan mudah tanpa memerlukan banyak sinar matahari.

Elle Meager selaku ahli permalkultur sekaligus pendiri situs web Outdoor happens menyuarakan pendapatnya mengenai bunga Begonia ini. Elle menjeaskan jika Begonia merupakan tanaman yang suka tumbuh di tempat teduh dengan memiliki bentuk daun yang besar dan subur.

Meski sering tumbuh di tempat yang teduh, penting untuk tetap memperhatikan seberapa banyak cahaya yang diterima oleh bunga berdaun besar tersebut.

2. Violet

Masuk kedalam kategori bunga yang dapat tumbuh di cahaya yang redup, Violet bisa berbunga mekar dengan memerlukan dua hingga empat jam sinar matahari tiap harinya. Hal ini lah yang menjadikan Violet sebagai bunga terbaik dengan minim cahaya.

Berdasarkan penjelasan Meager, Violet merupakan bunga yang sangat indah dan mencolok yang bisa tahan terkena paparan sinar matahari parsial. Tak hanya itu saja, bunga ini juga bisa mekar hanya membutuhkan waktu dua hingga empat jam per hari.

Lebih lanjut, ahli permalkultur ini menambahkan jika kupu-kupu dan lebah amat menyukai bunga Violet, karena bunga tersebut termasuk kategori bunga taman penyerbuk yang baik.

3. Bleeding Heart

Kali ini Lorraine Thompson merekomendasikan bunga Bleeding Heart untuk ditanam di tempat yang kurang mendapatkan sinar matahari di sekitar taman. Pasalnya, tanaman ini merupakan jenis bunga yang kuat dan serbaguna jika kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Tanaman yang sering disebut sebagai bunga abadi ini sangat indah ketika mekar di musim semi. Memiliki warna merah muda dan putih yang mencolok, membuat bunga Bleeding Heart ini semakin indah dijadikan tanaman hias.

Agar Bleeding Heart bisa terus tumbuh dengan subur, menurut Thompson ada beberapa hal yang harus terpenuhi seperti menyediakan drainase yang bagus dan menanamnya langsung di tanah atau menggunakan wadah.

4. Rhododendron

Memiliki berbagai macam warna seperti merah, merah muda, putih, dan ungu, membuat bunga Rhododendron cocok diletakan pada area yang kurang mendapatkan cahaya. Pasalnya, tanaman hias satu ini suka tumbuh di tempat yang teduh dibandingkan area yang mendapatkan sinar matahari penuh.

Rhododendron tak harus memerlukan sinar matahari yang menyorot sepanjang hari, hanya memerlukan beberapa jam sinar matahri pagi dan suasana teduh di sore hari daat membuat tanaman hias satu ini tumbuh dengan baik.

Meager juga memberikan beberapa tips untuk menjaga kesuburan Rhododendron. Yang pertama ialah memastikan tanah bersifat asam dan memiliki drainase yang bagus. Tanaman hias satu ini memiiki akar yang sensitif sehingga pilihlah tempat menanam yang tidak menahan air terlalu lama. Hal itu bisa membuat Rhododendron mati jika akarnya digenangi banyak air.

5. Hosta

Sebagai tanaman hias yang tak membutuhkan banyaknya sinar matahari, Hosta merupakan tanaman yang memerlukan cakupan tanah yang luas. Tanaman ini nantinya akan menghasilkan bunga yang kecil mengkerucut yang indah. Hosta dapat tumbuh subur di tempat yang teduh, sehingga tak heran banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias yang cocok ditanam di lokasi manapun.

Rincian di atas merupakan informasi yang dapat menjadi acuan jika ingin menanam tanaman hias indoor di tempat yang rendah cahaya.

Demikianlah Informkasi Tentang Daftar Tanaman Hias Indoor yang Hidup Dengan Minim Cahaya yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Daftar Tanaman Hias Indoor yang Hidup Dengan Minim Cahaya Bermanfaat bagi anda.

Populer

Flashnews