Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Tepat

Struktur surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu komponen penting dalam membuat surat lamaran kerja, supaya dapat membantu calon pelamar untuk mempresentasikan diri mereka secara profesional dan meningkatkan peluang untuk diterima kerja.

Namun, rupanya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang poin-poin penting dalam struktur surat lamaran yang baik dan benar. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai hal tersebut secara lengkap.

Apa Itu Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen tertulis yang digunakan oleh seseorang untuk mengajukan permohonan kerja atau melamar pekerjaan pada suatu perusahaan maupun organisasi.

Surat lamaran pekerjaan dapat berbentuk surat fisik yang dikirim melalui pos, atau surat elektronik yang dikirim melalui email maupun platform rekrutmen online.

Jenis surat ini umumnya berisi informasi tentang identitas diri calon pelamar, posisi pekerjaan yang dilamar, pengalaman kerja, kualifikasi, dan alasan mengapa tertarik dengan posisi tersebut.

Selain itu, dalam penulisannya, kamu perlu menggunakan format dan struktur surat yang benar dan lengkap serta gaya bahasa formal dan sopan supaya memberikan kesan yang baik bagi rekruter.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam menyusun surat lamaran kerja, penting bagi kamu untuk mengikuti struktur yang jelas dan professional. Sebab, penulisan surat yang baik dan efektif dapat meningkatkan peluang untuk diterima kerja sekaligus menjadi langkah awal yang positif dalam mencapai karier yang diinginkan.

Berikut kami berikan mengenai susunan struktur surat lamaran pekerjaan secara lengkap:

1. Tempat dan Tanggal Surat

Bagian pertama yang wajib ada dalam surat lamaran kerja adalah informasi tempat dan tanggal surat dibuat. Kamu bisa mencantumkan nama kota atau tempat di mana surat lamaran pekerjaan ditulis, serta tanggal penulisan surat.

Format yang umum digunakan adalah “Tempat, Tanggal” atau “Tempat, DD/MM/YYYY” di sebelah kanan atas surat.

Contohnya: “Yogyakarta, 25 April 2023”

2. Hal dan Lampiran

Selanjutnya, pada bagian ini berisi informasi mengenai hal atau subjek dari surat lamaran pekerjaan. Selain itu, jika terdapat dokumen lain yang dilampirkan bersama surat, misalnya CV atau resume, bisa juga disebutkan di bagian ini.

Umumnya, hal dan lampiran diletakkan di bagian kiri atas dan diisi dengan ‘Lamaran Pekerjaan’, sedangkan pada bagian lampiran bisa diisi jumlah dokumen yang disertakan.

3. Tujuan dan Alamat Surat

Struktur surat lamaran pekerjaan selanjutnya adalah bagian tujuan dan alamat surat yang berisi informasi tentang perusahaan atau organisasi yang akan dilamar.

Kamu bisa mencantumkan nama perusahaan atau organisasi beserta alamat lengkap yang ditulis tidak lebih dari tiga baris tanpa titik. Informasi ini membantu memastikan surat lamaran pekerjaan sampai ke alamat yang benar.

Contohnya:

Kepada Yth. HRD CV Mekar Jaya

Di Yogyakarta

4. Pembuka

Sebelum masuk ke bagian perkenalan, maka kamu bisa menuliskan salam pembuka terlebih dahulu dengan kalimat pembuka yang sopan dan ramah. Salam pembuka yang umum digunakan biasanya ditulis menggunakan kalimat, “Dengan hormat,”.

5. Perkenalan

Setelah menuliskan salam pembuka, baru kemudian kamu bisa menyampaikan perkenalan singkat dengan menyatakan sumber informasi lamaran yang kamu dapatkan. Seperti misal melalui plamfet, brosur, unggahan media sosial, maupun sumber lainnya.

Tujuan dari bagian ini adalah untuk memberikan gambaran awal tentang siapa calon pelamar kepada penerima surat. Maka, kamu tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak bertele-tele atau langsung pada inti tujuan.

Contohnya:

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui Instagram, Perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan pekerjaan sebagai Staf Administrasi.

6. Informasi Data Diri

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan data diri yang berisi informasi lebih lanjut tentang diri kamu. Misalnya saja seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, umur, maupun jenis kelamin.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapinya dengan informasi pendidikan terakhir, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta alamat rumah secara lengkap.

alamat, nomor telepon, alamat email, serta informasi lain yang diperlukan oleh pihak perusahaan untuk menghubungi calon pelamar.

Pastikan kamu mengisi informasi dengan jelas dan lengkap, sehingga pihak perusahaan dapat dengan mudah menghubungi kamu untuk informasi kelanjutan proses rekruitmen.

7. Maksud dan Tujuan

Bagian maksud dan tujuan adalah inti struktur surat lamaran pekerjaan yang paling penting. Pada bagian ini kamu bisa menjelaskan mengenai maksud dan tujuan dalam mengajukan surat lamaran kerja.

Kamu bahkan bisa menjelaskan alasan mengapa tertarik untuk bekerja di perusahaan atau organisasi yang bersangkutan, serta bagaimana kamu bisa berkontribusi dalam posisi pekerjaan yang dilamar.

8. Daftar Lampiran Berkas

Kemudian, pada bagian ini, kamu bisa menuliskan daftar lampiran atau berkas yang dilampirkan bersama surat lamaran pekerjaan, seperti CV, ijazah, transkrip nilai, fotokopi KTP, sertifikat, maupun SKCK.

Daftar lampiran ini membantu penerima surat untuk mengetahui persyaratan dokumen yang diperlukan serta memastikan tidak ada dokumen yang terlewatkan.

9. Penutup

Bagian penutup pada surat lamaran pekerjaan biasanya berisi ungkapan terima kasih kepada penerima surat atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

10. Tanda Tangan dan Nama Terang

Terakhir, kamu bisa menyertakan tanda tangan beserta nama terang dengan menuliskan salam penutup seperti, ‘Hormat Saya’ sebelum membubuhkan tanda tangan.

Tanda tangan di surat lamaran pekerjaan bertujuan untuk memberikan kesan resmi dan autentik pada surat tersebut. Di bawah tanda tangan, nama terang yang tercantum juga digunakan sebagai identitas penulis surat.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk memperdalam pemahaman kamu tentang penerapan struktur surat lamaran pekerjaan, maka berikut ini kami berikan contohnya untuk kamu.

Yogyakarta, 25 April 2023

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. HRD CV Mekar Jaya

Di Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Perusahaan Bapak/Ibu memberikan lowongan pekerjaan sebagai Staf Administrasi. Oleh karena itu perkenalkan saya :

Nama : Anindita Fatmawati

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 10 Januari 1995

Umur : 28 tahun

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

No. Telepon : 0831-2567-9862

Alamat Rumah : Jl Wonosari KM 07 Yogyakarta

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di PT Mekar Jaya sebagai Staf Administrasi, dengan melampirkan beberapa dokumen pendukung sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

Curriculum Vitae (CV)
Fotokopi KTP
Fotokopi Ijazah SMK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Pas Photo 4×6 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja saya buat, besar harapan saya untuk bisa diterima dan bergabung menjadi Staf Administrasi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Hormat Saya,

 

(Anindita Fatmawati)

 

Tentunya, penggunaan struktur surat lamaran pekerjaan yang jelas dan rapi dalam surat lamaran kerja dapat membantu kamu untuk memberikan kesan yang baik kepada penerima surat dan meningkatkan peluang untuk diterima dalam proses seleksi kerja.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai struktur surat lamaran kerja yang tepat. Semoga bisa menjadi wawasan baru untuk kamu!

Demikianlah Informkasi Tentang Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Tepat yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Tepat Bermanfaat bagi anda.

Populer

Flashnews