Perbedaan Nasionalisme dan Patriotisme + Ciri-Ciri dan Bentuknya

Istilah nasionalisme dan patriotisme tentunya sudah tidak asing lagi karena sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam pembicaraan yang membahas tentang semangat cinta tanah air dan bangsa. Lantas, apa perbedaan nasionalisme dan patriotisme?

Meskipun keduanya memiliki arti yang saling berhubungan, namun ternyata ada beberapa perbedaan yang mendasar. Untuk tahu lebih jauh pengertian dan perbedaan dari kedua istilah tersebut, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Nasionalisme dan Patriotisme

Agar bisa memahami perbedaan antara istilah nasionalisme dan patriotisme tentu perlu diketahui terlebih dahulu apa pengeritan dari keduanya. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahasnya satu persatu, dimulai dari pengertian nasionalisme seperti berikut.

Pengertian Nasionalisme

Pada dasarnya nasionalisme bisa diartikan sebagai suatu paham yang menyatakan bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap individu diserahkan kepada negara atau nation state. Nasionalisme mengacu pada keinginan untuk mempertahankan kedaulatan negara dengan identitas bersama.

Konsep identitas bersama pada nasionalisme bertujuan untuk mencapai kepentingan nasional. Selain itu, nasionalisme juga menganggap negara sebagai kebenaran politik. Tumbuhnya paham nasionalisme dilatarbelakangi oleh adanya naluri mempertahankan diri dan membela negara.

Dalam hal ini negara menjadi tempat untuk tinggal dan bergantung sehingga memunculkan ikatan dalam diri setiap warga negara untuk membela negara dan mempertahankannya dari kekuatan asing yang hendak menyerang.

Nasionalisme dalam arti sempit akan cenderung menunjukkan cinta yang berlebihan terhadap bangsanya sehingga meremehkan bangsa lainnya. Sementara dalam arti luas nasionalisme merupakan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah airnya tanpa merendahkan bangsa lain.

Pengertian Patriotisme

Asal kata patriotisme adalah patria yang bermakna tanah air. Ketika seseorang mencintai tanah airnya maka pengucapannya akan menjadi patriot. Dalam hal ini seorang patriot akan rela berkorban demi mempertahankan tanah air yang dicintainya.

Dengan kata lain patriotisme merupakan paham yang menunjukkan rasa cinta tanah air dalam diri seseorang. Patriotisme sendiri muncul setelah sebuah bangsa terbentuk dengan landasan nasionalisme. Jadi dapat dikatakan bahwa semangat nasionalisme akan melahirkan patriotisme.

Dari pengertian nasionalisme dan patriotisme di atas, apakah sudah bisa memahami perbedaan nasionalisme dengan patriotisme? Secara garis besar, nasionalisme muncul terlebih dahulu baru kemudian akan melahirkan semangat patriotisme sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air.

Perbedaan Nasionalisme dan Patriotisme Berdasarkan Ciri-Cirinya

Selain melihat perbedaan patriotisme dan nasionalisme dari segi pengertiannya, akan lebih mudah untuk mengenali perbedaan keduanya melalui ciri-ciri yang dimiliki. Diantaranya akan dijelaskan di bawah ini.

Ciri-Ciri Nasionalisme

Sebagai paham yang menyatakan kesetiaan tertinggi kepada bangsa dan negara, nasionalisme memiliki beberapa ciri dan karakter seperti berikut:

  • Menunjukkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  • Adanya semangat rela berkorban demi negara dan bangsa.
  • Bangga menjadi bagian dari bangsa dan tanah airnya.
  • Menempatkan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan individu maupun golongan.

Ciri-Ciri Patriotisme

Sebenarnya ciri-ciri patriotisme hampir sama dengan nasionalisme, karena pada dasarnya kedua sikap dan semangat kebangsaan ini identik dengan rasa cinta kepada tanah air. Namun untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa ciri patriotisme yang berbeda dari nasionalisme:

  • Adanya sifat terbuka dan mau belajar dari bangsa lain untuk memajukan bangsa.
  • Sikap pantang menyerah dan rela berkorban.
  • Memunculkan identitas yang akan mengembangkan kepribadian bangsa.
  • Adanya solidaritas dan empati kepada sesama sehingga tercapai kesejahteraan bangsa.

Perbedaan Nasionalisme dan Patriotisme Berdasarkan Bentuknya

Membedakan antara nasionalisme dan patriotisme juga bisa dengan melihat bentuk dari masing-masing paham tersebut. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

Bentuk Nasionalisme

Dalam paham nasionalisme dikenal 5 jenis atau bentuk yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Adapun bentuk dari nasionalisme adalah:

1. Nasionalisme Kewarganegaraan

Jenis nasionalisme ini disebut juga dengan nasionalisme sipil yang dalam pelaksanaannya negara mendapatkan kebenaran politik melalui peran aktif rakyat, perwakilan politik serta kehendak rakyat. Bentuk nasionalisme ini dikenalkan oleh JJ Rousseau.

2. Nasionalisme Romantik

Jenis nasionalisme ini disebut juga dengan nasionalisme organik, dan merupakan bentuk lanjutan dari semangat kebangsaan etnis. Bahwa suatu negara mendapatkan kebenaran politik melalui semangat romantisme atau ras.

3. Nasionalisme Budaya

Nasionalisme budaya merupakan sebuah paham yang menganggap bahwa negara mendapatkan kebenaran politik bukan dari sifat keturunan melainkan dari budaya bersama.

4. Nasionalisme Kenegaraan

Pada dasarnya nasionalisme kenegaraan tidak bisa dilepaskan dari nasionalisme etnis karena memunculkan semangat yang kuat. Salah satu contoh dari nasionalisme kenegaraan yang sangat terkenal adalah Nazisme.

5. Nasionalisme Agama

Jenis nasionalisme ini menganggap bahwa negara akan mendapatkan legitimasi politik melalui persamaan agama. Meski begitu, bentuk nasionalisme ini biasanya akan bercampur dengan nasionalisme etnis.

Bentuk Patriotisme

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai bentuk dan jenis nasionalisme. Selanjutnya akan dibahas mengenai bentuk patriotisme. Sehingga nantinya bisa dilihat bagaimana perbedaan nasionalisme dan patriotisme berdasarkan bentuknya.

1. Patriotisme Buta

Bentuk patriotisme buta akan cenderung menunjukkan kecintaan terhadap tanah air, bangsa dan negara tanpa melihat dan mempertimbangkan pandangan dari orang lain. Adapun ciri-cirinya antara lain adalah sikap loyal, tidak toleran dan tanpa evaluasi positif.

2. Patriotisme Konstruktif

Sedangkan patriotisme konstruktif merupakan sikap yang menunjukkan cinta tanah air dengan tetap mempertimbangkan pandangan yang diberikan orang lain dan bahkan mendukungnya.

Adapun ciri-cirinya antara lain adalah ada tuntutan kesetiaan dan kecintaan terhadap tanah air dengan mempertimbangkan kritikan dan masukan, adanya evaluasi secara positif serta adanya penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan nasionalisme dan patriotisme bisa dilihat dari beberapa aspek. Yaitu dari pengertiannya, dari ciri-ciri, tujuannya serta dari bentuknya. Meskipun berbeda namun keduanya sama-sama menunjukkan semangat cinta tanah air.

Demikianlah Informkasi Tentang Perbedaan Nasionalisme dan Patriotisme + Ciri-Ciri dan Bentuknya yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Perbedaan Nasionalisme dan Patriotisme + Ciri-Ciri dan Bentuknya Bermanfaat bagi anda.

Populer

Flashnews