Mengenal Occupation Dalam Bahasa Inggris & Contoh Kalimatnya

Occupation adalah istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris yang menunjukkan pekerjaan atau karir seseorang. Ketika seseorang yang sudah dewasa bekerja, maka mereka akan memiliki sebuah nama atau lebih dari occupation dalam bahasa Inggris.

Dalam dunia yang lebih profesional, occupation sangat penting untuk diketahui jenisnya dan bagaimana cara mereka bekerja. Berikut ini adalah jenis-jenis occupation, peran mereka, dan contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris.

Contoh Occupation dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

1. Teacher

Occupation yang satu ini tentu saja sudah banyak dikenal karena perannya di sekolah sebagai guru. Teacher dalam kategori occupation dalam bahasa Inggris biasanya digunakan untuk seseorang yang mengajar di sekolah maupun lembaga informal lainnya. Tempat kerjanya disebut class atau school.

Contoh kalimat umum: The teacher teaches some new words to the students today.

2. Writer

Nah, writer adalah sebuah profesi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Writer biasanya menulis untuk buku atau artikel. Tidak ada gelar khusus untuk menjadi seorang writer dan ini berlaku di seluruh dunia. Writer juga tidak memiliki tempat kerja khusus.

Contoh kalimat umum: She is the writer of Harry Potter.

3. Baker

Pekerjaan sebagai seorang baker adalah orang yang membuat roti. Tidak hanya membuat adonannya, peran baker juga menjadi seseorang yang memastikan jika hasilnya cantik dan layak untuk dimakan. Menjadi baker pun butuh keahlian khusus. Tempat kerjanya disebut bakery.

Contoh kalimat umum: The baker in that bakery is my aunt.

4. Engineer

Pekerjaan engineer disebut juga sebagai seorang insinyur. Untuk bisa menjadi engineer, mereka harus menjalankan pendidikan teknik sipil atau civil engineering. Dalam bahasa Inggris, lingkungan kerja mereka disebut sebagai construction site.

Contoh kalimat umum: An engineer constructs the new eco-friendly building.

5. Attorney

Attorney adalah occupation dalam bahasa Inggris yang menggambarkan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan legal/law atau dalam bahasa Indonesia disebut hukum. Pekerjaan seorang attorney biasanya bekerja di court atau pengadilan.

Contoh kalimat umum: The attorney has several cases to handle this year.

6. Veterinarian

Dokter hewan adalah veterinarian di kategori occupation in English. Pekerjaan yang satu ini kadang disebut juga sebagai vet. Veterinarian bisa bekerja di rumah sakit hewan atau klinik. Mereka juga bisa bekerja untuk pemerintah.

Contoh kalimat umum: The veterinarian can cure the diseases such as H5N1 on chicken.

7. Doctor

Occupation yang juga paling terkenal di dunia adalah doctor dan dalam bahasa Indonesia adalah dokter. Hanya saja, sebutan doctor berlaku untuk mereka yang tugasnya menyembuhkan penyakit manusia. Mereka biasanya bekerja di klinik (clinic) atau rumah sakit (hospital).

Contoh kalimat umum: The doctor has been assigned to the emergency case just now.

8. Police officer

Occupation dalam bahasa Inggris untuk seorang petugas kepolisian adalah police officer. Mereka adalah orang yang bekerja di sebuah kantor polisi atau police station. Ada juga mereka yang bertugas untuk mengamankan lingkungan dan jalanan.

Contoh kalimat umum: The police officers are chasing three thieves in the market.

9. Firefighter

Pekerjaan yang satu ini menuntut pekerjanya untuk memadamkan kobaran api. Mereka hanya bekerja ketika ada kebakaran saja. Selebihnya, mereka bekerja di kantor untuk berjaga-jaga. Firefighter harus mampu memadamkan api dengan cepat dan juga mengemudi mobil khusus.

Contoh kalimat umum: The firefighters have been fighting against the fire since this morning.

10. Electrician

Seorang electrician adalah mereka yang bekerja yang berkaitan dengan elektronik. Electrician bekerja di mana saja dan biasanya mengerjakan instalasi listrik. Profesi yang satu ini membutuhkan keahlian khusus, terlebih lagi dari segi keamanan.

Contoh kalimat umum: The electricians are working for the new building’s installation.

11. Dentist

Berbeda dengan bahasa Indonesia di mana job dokter merupakan profesi umum sebagai penyembuh, occupation dalam bahasa Inggris untuk dokter gigi memiliki nama khusus yaitu dentist. Mereka bisa bekerja di klinik atau rumah sakit dan hanya khusus menangani soal masalah gigi.

Contoh kalimat umum: The dentist manages the oral health for all ages.

12. Designer

Designer bisa bekerja di dalam banyak industri, baik fashion maupun graphic. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan ide dan kreativitas. Seorang designer bisa jadi melakukan banyak hal seperti drawing dan creating products sehingga berguna dan layak dipasarkan.

Contoh kalimat umum: The haute couture only can be done by a designer.

13. Gardener

Meskipun pekerjaan yang satu ini terdengar seperti sebuah hobi, aslinya tidak. Seorang gardener biasanya dilakukan secara profesional untuk membuat sebuah taman menjadi cantik. Di banyak negara, gardener merupakan seorang pro karena harus mendesain taman.

Contoh kalimat umum: My dad can create the new style of the tree because he is a gardener.

14. Chef

Occupation dalam bahasa Inggris untuk seorang koki disebut sebagai chef. Chef bekerja untuk bisa menyajikan masakan lezat dan juga menyiapkan makanan dengan baik. Chef kelas atas juga perlu mendesain makanan di atas plater sehingga nampak menarik.

Contoh kalimat umum: The chef in that hotel is a pro because he works more than 20 years already.

15. Architect

Profesi yang satu ini berbeda dengan engineer. Architect berarti arsitek yang tugasnya melakukan perencanaan dan desain dari sebuah area atau wilayah. Mereka juga perlu menciptakan koneksi antar area sehingga bangunan bisa menjadi berguna.

Contoh kalimat umum: That building was built by a top architect in the country.

16. Butcher

Seorang butcher adalah orang yang profesinya menyiapkan daging apapun bentuknya untuk dikonsumsi. Seorang butcher juga perlu memerlukan pengalaman sehingga potongan daging memenuhi standar penjualan. Butcher bisa bekerja di toko atau di rumah pemotongan hewan.

Contoh kalimat umum: The butcher can do better to slice for steak and sirloin.

17. Actor and actress

Kedua occupation dalam bahasa Inggris ini bekerja untuk industri hiburan. Pekerjaan utama mereka adalah melakukan akting di sebuah film atau drama. Actor adalah sebutan untuk pria dan actress adalah sebutan untuk wanita.

Contoh kalimat umum: She gets a lot of awards because she is a good actress.

18. Nurse

Nurse adalah profesi perawat dan biasanya hanya di pusat kesehatan atau rumah sakit saja. Tugas utama nurse di berbagai negara adalah membantu dokter untuk melakukan tugasnya. Nurse bisa berlaku untuk pria dan wanita.

Contoh kalimat umum: There are a lot of nurses in that hospital.

19. Soldier

Salah satu profesi yang umum adalah soldier. Mereka bekerja untuk pemerintah dan menjaga keamanan negara. Seorang soldier harus menempuh pendidikan khusus dan tidak semua negara memilikinya.

Contoh kalimat umum: The soldiers are working at the border for three years already.

Occupation dalam bahasa Inggris cukup banyak dan biasanya merujuk pada profesi khusus. Hampir semua occupation hanya bisa dimiliki usia produktif saja. Beberapa occupation mungkin tidak berlaku seperti soldier di beberapa negara karena perbedaan sistem profesi.

Demikianlah Informkasi Tentang Mengenal Occupation Dalam Bahasa Inggris & Contoh Kalimatnya yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Mengenal Occupation Dalam Bahasa Inggris & Contoh Kalimatnya Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis