7 Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Asupan makanan untuk ibu hamil harus diperhatikan karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam rahim. Beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil akan memberikan energi dan nutrisi yang cukup baik untuk si ibu dan juga bayi dalam kandungannya.

Apalagi saat baru memasuki trimester pertama. Biasanya pada fase ini janin masih sangat rentan sehingga ibu hamil harus ekstra hati-hati dalam memilih asupan makanan. Selain makan makanan yang baik untuk ibu hamil, istirahat dan aktivitas harian juga tentunya harus lebih diperhatikan.

Asupan makanan yang baik untuk ibu hamil bukan didasarkan pada jumlah porsinya, melainkan dari jumlah kandungan makanan tersebut. Ibu hamil membutuhkan banyak mineral untuk menunjang perkembangan janin dalam perut.

Fase kehamilan adalah fase paling penting bagi pasangan yang baru menikah, untuk itu ibu hamil harus bisa memilih makanan mana yang terbaik agar janin bisa tumbuh sehat dan sempurna. Lalu apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil? Berikut simak beberapa rekomendasi makanan terbaik yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan.

Beberapa Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Ikan

Ikan merupakan salah makanan yang baik untuk ibu hamil. Ikan mengandung asam lemak omega 3 dan protein yang berguna untuk perkembangan otak janin.

Ikan yang direkomendasikan di sini adalah jenis ikan laut seperti salmon, tuna, dan ikan laut lainnya. Namun pemilihan ikan laut juga mesti hati-hati, karena tidak sedikit ikan yang sudah tercemar merkuri.

2. Daging tanpa lemak

Makanan kedua yang direkomendasikan untuk ibu hamil yakni daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak ini memiliki kandungan protein dengan kualitas tinggi. Untuk pemilihan daging, bisa mengkonsumsi daging sapi dan ayam.

Sebagaimana diketahui, daging sapi mengandung kolin, zat besi, vitamin B, dan protein yang baik untuk kesehatan janin.

3. Produk olahan susu

Saat hamil, biasanya ibu hamil mengalami mual dan muntah di pagi hari atau biasa disebut morning sickness. Hal tersebut adalah wajar dikarenakan hormon kehamilan. Jika tak bisa mengkonsumsi makanan-makanan berat, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu sebagai gantinya.

Susu sangat penting selama masa kehamilan, kandungan susu dapay membantu pertumbuhan jaringan baru pada janin, seperti pembentukan otot serta memperbaiki jaringan yang rusak. Usahakan untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil, karena kandungannya berbeda dengan susu biasa. Selain susu, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi produk olahan susu lainnya seperti yoghurt atau pun keju.

4. Sayur dan buah-buahan

Pada awal kehamilan juga dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin V, contohnya buah dan sayuran. Vitamin C pada ibu hamil dapat menambah kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya infeksi serta melancarkan pencernaan.

Selain vitamin C, perbanyak juga makan sayur yang mengandung zat besi seperti bayam dan sayuran hijau lainnya. Hal ini agar sang ibu terhindar dari anemia. Untuk buah, ibu hamil dianjurkan lebih banyak mengkonsumsi pisang, jeruk, tomat, dan alpukat.

5. Kacang-kacangan

Ibu hamil yang sudah punya selera untuk ngemil dianjurkan untuk makan kacang-kacangan. Sebagaimana diketahui, kacang-kacangan mengandung protein yang baik untuk kehamilan. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung kalium, folat, zat besi, magnesium, serta kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan dan mencegah wasir.

Saat hamil, sebagian besar ibu hamil akan mengalami wasir setelah melahirkan. Untuk itu perbanyak makan kacang-kacangan selama kehamilan.

6. Sereal

Sereal juga bisa jadi alternatif jika ibu hamil tidak bisa makan makanan berat di pagi hari dikarenakan mual dan muntah.

Sereal baik bagi ibu hamil karena mengandung karbohidrat, mineral, vitamin B dan kalsium. Ibu hamil bisa mengkonsumsi sereal dengan susu di pagi hari.

7. Telur

Sumber protein lainnya yang direkomendasikan untuk ibu hamil yakni telur. Telur mengandung protein dan asam amino yang berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan sel-sel janin.

Selain itu, telur juga sangat baik untuk membantu perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi karena kandungan kolin yang ada dalam kuning telur. Dengan rutin mengkonsumsi telur dapat menghindari bayi lahir cacat.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil yang bisa rutin dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain dari makanan, usahakan juga mengkonsumsi vitamin dengan resep dari dokter kandungan agar tubuh semakin sehat.

Demikianlah Informkasi Tentang 7 Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel 7 Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis