Ketahui Jenis – Jenis Pasar

Pasar merupakan tempat tejadinya jual beli yang keberadaanya sangat penting dalam sebuah peradaban. Jenis- jenis pasar saat ini cukup beragam karena mengikuti perkembangan zaman.  Untuk lebih mengenang tentang tempat bertemunya penjual dan pembeli ini, Kamu harus tahu jenis- jenisnya secara benar.

Meskipun terlihat sederhana dalam ilmu ekonomi pasar, ternyata pasar terbagi dalam beberapa jenis yang sering orang sebut dengan klasifikasi.

Berdasarkan klasifikasi inilah dua bentuk jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna untuk keterangan lebih lengkap berikut pemaparanya mengenai jenis- jenis pasar:

Inilah Beberapa Jenis- Jenis Pasar

Pasar adalah tempat transaksinya jual beli antara pedagang dan pembeli. Kamu juga harus tau lho ternyata pasar mempunyai beberapa jenis. Yuk langsung saja simak Kami akan menguraikan jenis jenis pasar yang Kamu harus ketahui berikut ini.

  • Jenis Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan jenis yang di dalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual dengan ciri ciri umum bebas keluar masuk tanpa hambatan. Secara eskplisit, jenis pasar ini sangat umum dan penjual maupun pembeli tahu betul tentang tempat ini.

Tidak hanya itu jenis pasar persaingan sempurna juga memperjualbelikan berbagai barang dengan sifat homogen. Mungkin untuk contoh nyata dan jenis pasar ini adalah pasar tradisional yang biasanya sering Kamu temukan di berbagai daerah atau wilayah tertentu.

  • Jenis- Jenis Pasar Persaingan tidak sempurna (Imperfect Competition Market)

Pasar persaingan tidak sempurna merupakan jenis yang isinya lebih dominan pembelinya daripada penjualnya. Berdasarkan hal ini, pasar imperfect competition ini sangat didominasi pembelian pada penjualnya. Adapun karakteristik dari pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:

1. Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan jenis yang sepenuhnya penjual mengusai. Dalam pasar tipe ini kekuasaan benar benar mendominas kemauan baik dalam elemen tempat, waktu, harga, volume, sampai dengan pembelian barang. Contohnya adalah PLN yang mengusai penjualan listrik di Indonesia.

2. Pasar Duopoli

Seusai dengan namanya pasar duopoli menampilkan dua perusahaan yang mengakui sebuah penawaran barang secara utuh. Praktek dari jenis pasar ini contohnya bisa Kamu temukan di penjualan bahan bakar yang perusahaan Pertamina dan Caltex kuasai.

3. Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli merupakan jenis yang penawaran satu jenis barang berasal dari beberapa perusahaan. Beberapa perusahaan ini menguasai pasar tersebut dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam aktvitas jual belinya.

Jenis Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya

Selain dari bentuknya, Kamu juga bisa mebedakan pasar berdasarkan wujudnya. Sekarang cukup banyak wujud dari pasar ini terjadi dan masyarakat praktekan meski beberapa orang belum tahu penamaan dalam wujudnya. Untuk memahaminya berikut penjelasanya:

1. Jenis Pasar Konkret

Wujud pasar pertama adalah konkret yang memperjualbelikan barang dengan sifat bertemu langsung. Dalam prakteknya penjual dan pembeli akan bertemu secra langsung dalam melakukan aktivitas transaksi jual beli barangnya. Pertemuan antara pemebeli dan penjual benar benar nyata.

Karakteristik dari pasar konkret ini adalah pembelian akan memberikan uang tunai kepada penjual dari setiap pertukaran atau transaksi barangnya. Jadi serah terima barang dan uang benar benar berjalan secara tunai dan langsung. Pembeli dan penjual barang akan saling berinteraksi secara langsung.

2. Jenis Pasar Abstrak

Selanjutya ada pasar dengan wujud abstrak. Sesuai dengan namanya aktivitas antar penjual dan pembeli dan wujud pasar ini tidak dapat berjalan langsung. Dengan kata lain, penjual dan pembeli tidak harus bertemu dalam melakukan transaksi jual beli.

Karakteristik dari pasar abstrak antara lain berlangsung secara jarak jauh. Pembeli ini sudah sangat mempercayai penjual barang sehingga kegiatan ini tidak mengharuskan keduanya bertemu. Contoh nyatanya pembelian barang dalam jumlah partai besar dari produsen ke pemebeli.

Jenis- jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayahnya

Berdasarkan wilayahnya pasar kembali dalam beberapa bentuk. setiap negara dan wilayah tertentu memiliki karakteristik dan juga bedanya sendiri sehingga mempengaruhi pasar di setiap daerah tersebut. Jenis pasar dari luas wilayahnya antara lain:

  • Pasar regional yang proses pemasaranya meliputi beberapa negara pada wilayah tertentu.
  • Pasar Internasional, proses pemasaranya mencakup seluruh kawasan dunia.
  • Pasar local, proses pemasaranya hanya berlangsung di daerah tertetu.
  • Pasar Nasional, proses pemasaranya mencakup wilayah satu negara.

Itudia jenis jenis Pasar yang Kamu ketahui.

Banyak kegiatan transaksi jual beli di pasar berdasarkan juga jenisnya.

Semoga membantu dan bermanfaat.

Demikianlah Informkasi Tentang Ketahui Jenis – Jenis Pasar yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Ketahui Jenis – Jenis Pasar Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis