Berbagai Jenis Pasar yang ada Di Indonesia

Pasar menjadi tempat untuk melakukan jual beli guna memenuhi kebutuhan pokok manusia. Tiap wilayah punya pasar yang unik dan ciri khas yang berbeda, berikut adalah jenis-jenis pasar yang umum ditemukan di Indonesia. Pasar-pasar ini dibedakan berdasarkan tempat, waktu buka, hingga model transaksi.

Meski punya model yang berbeda, namun pasar-pasar ini punya fungsi yang sama, yakni jual beli dan tempat bertemunya pembeli maupun penjual. Supaya lebih paham mengenali jenis dan model pasar, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Pasar?

Pasar merupakan tempat untuk melakukan transaksi dan akad jual beli antara pihak penjual dan pembeli. Di pasar juga terjadi tawar menawar dan tersedia pula berbagai jenis usaha selain produk atau barang yang dijual. Dengan begitu pembeli bisa menggunakan jasa sesuai kesepakatan dengan pemiliknya.

Ada beberapa pengertian pasar berdasarkan para ahli ekonomi, diantaranya adalah:

Menurut Kotler, pasar merupakan tempat yang terdiri dari pelanggan potensial yang sedang mencari kebutuhan. Pelanggan ini juga punya keinginan yang sama dan melakukan pertukaran yang memuaskan keinginan atau kebutuhannya tersebut.

Cendekiawan termahsyur Indonesia, Kuntowijoyo, juga memberikan pengertian dari pasar. Menurut Kunto pasar tak hanya sekedar tempat untuk melakukan jual beli, melainkan tempat yang memiliki mekanisme untuk menata kepentingan pembeli dan penjual.

Bagi Ehrenberg, pasar adalah tempat bertemunya pembeli atau penjual, dengan barang atau jasa yang juga mereka pertukarkan. Dalam pertukaran yang mereka lakukan, muncul harga atas barang atau jasa yang akhirnya dipilih untuk dipertukarkan.

Berdasarkan pemahaman Stanton, pasar merupakan tempat sekumpulan orang melakukan kepentingan yang sama, yakni jual beli dengan uang sebagai media belanjannya. Tak hanya itu, menurut Stanton, pasar adalah tempat dimana orang-orang memiliki keinginan untuk membelanjakan uang.

Fungsi dan Manfaat Pasar

Sebelum membahas jenis jenis pasar, ada baiknya mengetahui fungsi dari pasar terlebih dahulu. Pasar punya peran yang penting dalam aktifitas perekonomian suatu negara, diantaranya adalah:

1. Mempertahankan dan Mempersiapkan Kebutuhan

Di pasar ada berbagai kebutuhan yang bisa di dapatkan, baik barang atau jasa. Dengan begitu pasar bisa menjadi tempat untuk mempertahankan sekaligus mempersiapkan kebutuhan. Ada berbagai macam kebutuhan pangan, sandang, dan lainnya yang bisa didapatkan di pasar.

2. Pasar sebagai Tempat untuk Promosi

Promosi punya arti untuk memperkenalkan hasil produksi yang sudah dibuat ke masyarakat sebagai konsumen. Jika promosi berjalan dengan baik, omzet penjualan yang produsen dapatkan akan menigkat secara pesat, apalagi jika ditunjang dengan kualitas dan harga yang bagus.

3. Pasar untuk Membentuk Harga

Fungsi pasar lainnya adalah mewujudkan kesepakatan harga antara pejual dengan pembeli. Tiap semua proses jual beli terjadi secara langsung, seringkali terdapat tawar menawar antara penjual dan pembeli hingga kedua belah pihak merasa puas. Penjual tetap mendapat keuntungan, sedang konsumen mendapat harga yang di mau.

4. Pasar sebagai Tempat Distribusi

Pasar juga punya fungsi dan peran sebagai tempat untuk melancarkan proses distribusi dari produsen ke konsumen. Produsen bisa langsung menyalurkan barangnya ke pembeli atau membawanya terlebih dahulu ke perantara untuk mempermudah proses penjualan.

5. Pasar untuk Menyerap Sumber Daya Manusia

Makin luas suatu pasar, maka makin besar pula sumber daya manusia yang terserap. Secara tak langsung, keberadaan pasar bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat dan mengurangi adanya pengangguran. Aktifitas jual beli yang dilakukan juga bisa menjadi penggerak ekonomi negara secara signifikan.

Jenis-Jenis Pasar yang ada di Indonesia

Jenis jenis pasar yang ada di Indonesia punya banyak modelnya, berikut beberapa yang paling sering ditemui, antara lain:

1. Jenis Pasar Berdasar Bentuk Kegiatannya

Ada dua jenis pasar jika dilihat dari bentuk kegiatannya, yaitu pasar nyata dan pasar abstrak.

  • Pasar nyata, adalah jenis pasar yang menyediakan berbagai macam barang untuk di perjual belikan. Pasar nyata contohnya adalah pasar tradisional yang ada di desa, juga pasar swalayan atau minimarket.
  • Pasar abstrak, merupakan jenis pasar yang kecil kemungkinannya terjadi tawar menawar. Dalam pasar abstrak pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, melainkan lewat aplikasi atau platform tertentu.

2. Jenis Pasar Berdasarkan Model Transaksi

Serupa dengan jenis pasar berdasarkan bentuk kegiatannya, pasar berdasarkan model transaksi terbagi dalam dua bagian, yakni:

Merupakan jenis pasar yang sifatnya tradisional, dimana penjual dan pembeli bertemu langsung. Barang yang diperjual belikan biasanya berupa bahan pokok sehari-hari, ciri-cirinya adalah tersedianya sistem tawar menawar, barang yang dijual beragam, serta dikelola oleh pemerintah setempat.

Jenis jenis pasar selanjutnya adalah pasar modern, pasar ini biasanya menggunakan sistem yang lebih terkini, yakni harga yang pas dan punya layanan sendiri. Pasar modern biasanya tak mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung, contohnya swalayan yang dilayani oleh pramuniaga.

3. Jenis Pasar Menurut Jenis Barang

Pasar dibagi menjadi dua jenis berdasarkan macam-macam barang yang dijual, diantaranya adalah:

Pasar ini menjual ataupun membeli berbagai macam jenis barang untuk di konsumsi sehari-hari. Produk yang dijual bervariasi, mulai dari sayuran, daging, hingga buah. Beberapa jenis pasar kadang hanya menjual satu jenis barang saja, misalnya pasar ikan atau pasar sapi.

  • Pasar Sumber Daya Produksi

Pasar jenis sumber daya produksi merupakan pasar yang menjual atau membeli produk hasil produksi, khususnya dari perusahaan. Ada berbagai barang yang dijua oleh pasar ini, mulai dari tenaga kerja, mesin, hingga alat alat berat untuk membantu proses produksi.

Jenis Pasar menurut Waktunya

Ada 4 jenis pasar yang dibagi berdasarkan waktunya, yakni pasar harian, mingguan, bulanan dan juga temporer.

Merupakan jenis pasar yang menjual kebutuhan pokok dan berlangsung setiap hari. Pasar ini seringnya ditemui buka setiap hari dan penjual maupun pembeli bisa bertemu untuk melakukan transaksi secara langsung.

Berbeda dengan pasar harian, pasar mingguan hanya buka sekali tiap minggunya. Pasar ini sering ditemui di pedesaan untuk menjual berbagai macam hewan ternak. Pasar mingguan biasanya memiliki hari buka yang sudah ditentukan berdasarkan aturan lokal.

Jenis jenis pasar berikutnya adalah pasar bulanan yang hanya buka satu bulan sekali. Pasar bulanan hanya ada di daerah tertantu saja, di pasar tersebut pembeli membeli barang-barang tentu dan biasanya akan dijual kembali.

Sesuai dengan namanya, pasar temporer merupakan pasar yang hanya buka di waktu tertentu saja. Waktu bukannya tidak bisa diprediksi, kadang hanya buka untuk perayaan tertentu saja, misalnya pasar bazar dengan tema khusus.

Masih banyak jenis pasar yang bisa ditemukan di Indonesia, misalnya pasar yang dibagi berdasarkan luas wilayahnya hingga pasar berdasarkan jenis dagangannya. Masing-masing pasar punya kelebihannya sendiri dibandingkan dengan pasar yang lain.

Demikian sudah penjelasan tentang jenis-jenis pasar. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan baru untuk kamu!

Demikianlah Informkasi Tentang Berbagai Jenis Pasar yang ada Di Indonesia yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Berbagai Jenis Pasar yang ada Di Indonesia Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis