Diet Sehat dan Aman untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal dan sehat adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Ada beberapa orang yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan agar tetap ideal. Namun kamu perlu berhati-hati karena sebelum melakukannya, kamu perlu mengetahui bagaimana tips diet sehat yang aman untuk dilakukan.

Diet dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Obesitas atau berat badan yang berlebih dapat membuat seseorang terserang penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker.

Yang ingin melakukan diet perlu untuk memahami pola diet yang baik, benar, dan aman. Tak sedikit orang yang ingin berat badan turun, namun menempuh jalan diet cepat dan tidak aman bagi kesehatan tubuh. Diet apa biar cepat kurus? Untuk mengetahui lebih lengkap, bisa menyimak pembahasan mengenai tips diet sehat aman dan cepat untuk pemula.

Jenis-jenis Diet Sehat

Ada berbagai jenis diet sehat yang dianjurkan saat ini seperti diet intermitten fasting, diet vegan, diet rendah karbohidrat, diet ketogenik dan lain sebagainya. Namun, salah satu yang menjadi tips diet untuk pemula adalah dengan memperhatikan kondisi tubuh melalui pendampingan dari profesional seperti ahli gizi.

Beberapa ciri diet sehat adalah tubuh tetap terpenuhi asupan gizinya, penurunan berat badan yang tidak drastis atau instan, dan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

Jika diet yang kamu lakukan justru membuat kesehatan terganggu, maka segera berhenti dan konsultasikan dengan dokter ahli gizi. Agar kamu dapat program diet sehat yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk diet menurunkan berat badan, kamu butuh pengetahuan mengenai tips diet sehat. Berikut ini beberapa tips diet yang sehat dan aman yang bisa kamu ikuti:

1. Menjaga Asupan Gizi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa diet yang sehat adalah tubuh tetap terpenuhi asupan gizinya. Pada saat menjalani program diet, bukan berarti kamu menghindari semua jenis makanan.

Dalam hal ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengatur porsi makan agar tetap terpenuhi asupan gizinya. Porsi makan yang ideal dengan memerhatikan prinsip gizi seimbang adalah terdiri dari 4 bagian, yaitu:

Lauk-pauk, Makanan pokok atau karbohidrat, Sayuran hijau dan berwarna-warni, dan Buah-buahan. Pada saat menjalani diet, hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak atau tinggi gula ketika makan malam.

2. Makan Teratur

Diet menurunkan berat badan bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan selama seharian. Apalagi dengan sengaja melewatkan sarapan atau waktu makan lainnya hanya akan membuat tubuh merasa cepat lapar, gula darah tidak terkontrol jadi naik-turun drastis, dan stres.

Tips diet sehat adalah dengan membuat jadwal makan yang teratur. Kamu masih tetap bisa makan di 3 waktu (pagi, siang, sore/malam) dengan porsi makan yang tinggi protein dan serat seperti telur, susu, ubi, buah, dan sayuran.

Hindari makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori seperti daging merah, kacang-kacangan, buah alpukat, dan lain-lain.

3. Olahraga Teratur

Menjalani diet tanpa olahraga adalah sebuah kemustahilan karena selain mengatur pola makan, diet yang sehat juga dilakukan dengan tidak melewatkan olahraga secara teratur.

Energi pada tubuh yang digunakan untuk aktif bergerak akan membantu membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Usahakan olahraga minimal 30 menit sehari sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu.

4. Makan secara Perlahan

Tips diet yang satu ini mungkin terdengar unik, yaitu makan secara perlahan. Hal ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat karena dipicu oleh aktivitas otak. Pada saat makan, otak memproses sinyal rasa kenyang dan puas dari hormon yang dilepaskan selama proses pencernaan.

Hindari makan yang terlalu cepat, karena tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal rasa kenyang ke otak.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Tentu saja untuk menjalani diet yang sehat, kamu wajib menerapkan gaya hidup yang sehat pula. Seperti tidur yang cukup, hindari kebiasaan begadang, hentikan kebiasaan minum alkohol dan manajemen stres yang baik.

Itulah beberapa tips diet sehat yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Semua program diet membutuhkan proses dan kesabaran yang tinggi. Jangan tergiur diet cepat untuk menurunkan berat badan karena hal itu akan membahayakan tubuh.

Diet yang sehat akan menurunkan berat badan secara bertahap dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jika yang terjadi sebaliknya, maka kamu harus segera konsultasikan dengan dokter ahli gizi.

Demikianlah Informkasi Tentang Diet Sehat dan Aman untuk Menurunkan Berat Badan yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Diet Sehat dan Aman untuk Menurunkan Berat Badan Bermanfaat bagi anda.

Populer

Flashnews