Cara Mencari Grup di Telegram Beserta Fitur Unggul dari Grup Telegram

Sebagai salah satu aplikasi pesan yang digunakan oleh sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan, Telegram menyajikan berba fitur yang memudahkan para penggunanya, Telegram menyajikan berbagai fitur yang memudahkan para penggunanya. Salah satu fitur pencarian grup yang dapat diakses untuk menemukan grup chat atau obrolan yang dibutuhkan.

Adapun cara mencari grup di telegram tergolong mudah dilakukan. Pengguna cukup memasukkan beberapa kata kunci dan berbagai opsi grup akan muncul.

Tak hanya itu, Telegram memungkinkan pengguna untuk mengatur obrolan grup seuai dengan privasi yang diinginkan.

Sebab, Telegram dapat diatur sebagai grup publik atau grup privat yang tak hanya diakses apabila diundang oleh administrator grup. Bagi Kamu yang ingin mengetahui cara menari grup di Telegram, simak uraian selengkapnya berikut ini.

Grup Telegram Itu Apa?

Grup Telegram merupakan salah satu fitur yang bisa Kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan anggota lain di dalamnya. Akun pengguna Telegram yang ada di dalam grup tersebut dengan member atau anggota.

Di dalam grup Kamu bisa membicarakan apapun, misalnya berdiskusi ataupun hanya sekedar ngobrol. Berbeda dengan kapasitas grup aplikasi WhatsAap yang hanya ratusan saja, grup Telegram mampu menampung anggota hingga 200.000 pengguna. Menarik bukan?

Sayangnya masi ada beberapa pengguna yang menganggap bahwa fitur grup Telegram dan fitur Channel adalah dua hal yang sama padahal nyatanya berbeda.

Dengan kata lain, fitur channel dikhususkan untuk menyampaikan pesan (broadcasts). Pengguna yang bergabung dengan suatu channel disebut dengan subscriber atau pelanggan. Menariknya lagi, fitur channel ini tidak memiliki kapasitas maksimal subscriber atau tidak terbatas berapapun jumlah pelanggannya.

Fitur Unggulan dari Grup Telegram

Berdasarkan informasi yang disadur dari situs resmi Telegram, terdapat berbagai fitur menari dari grup Telegram, di antaranya ialah seperti berikut:

1. Mampu Menampung Ratusan Ribu Anggota

kelebihan yang paling dirasakan dari grup Telegram yaitu memiliki kapasitas yang sangat banyak, yakni 200 ribu pengguna. Di grup tersebut Kamu bisa saling mengirim pesan teks, foto, doc, dan lain- lain.

2. Dapat Diakses oleh Publik

Grup Telegram bisa diakses oleh publik dengan cara mencari nama grup yang dituju pada kolom pencarian. Namun tenang, bagi Kamu yang tidak ingin grup Telegram-nya diakses oleh publik Kamu bisa mengubah pengaturan menkadi mode privat.

3. Bisa Melalukan Video Call dengan Grup

Grup Telegram juga memugkinkan anggotanya untuk melakukan video call. Tak hanya itu, anggota grup juga bisa berbagi layar atau share screen saat video call berlangsung.

Fitur video call bisa ditemukan dengan cara melakukan panggilan suara teerlabeih dulu. Barulah setelah itu Kamu bisa menekan menu kamera untk melakukan grup video call.

Bagaimana Cara Mencari Grup di Telegram?

Telegram memudahkan penggunanya untuk menemukan grup yang dicari, tetapi hal itu terbatas pada grup yang bersifat publik. Berikut langkash selengkapnya:

    • Buka aplikasi Telegram pada HP.`
  • Klik ikon pencarian pada aplikasi.

  • Ketikan kata kunci grup sesuai kebutuhan. Misalkan Kamu kan mencari grup yang berkaitan dengan komunitas pecinta kucing, maka Kamu dapat mengetikkan “Komunitas Pecinta Kucing’ atau kata kunci sejenisnya di kolom pencarian.
  • Selanjutnya, berbagai grup publik yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan muncul. Untuk bergabung ke dalamnya, pilih salah satu grup yang telah ditampilkan oleh mesin pencari Telegram dan sesuai menurut pilihanmu.
  • Selanjutnya, klik ‘Bergabung‘ untuk menjadi anggota grup tersebut.
  • Selesai, Kamu telah menemukan grup yang diinginkan sekaligus telah menjadi anggota grup tersebut.

Cara Mencari Chanel di Telegram

Tak hanya obrolan grup, Telegram menyediakan fitur channel atau kanal yng memebrrikan informasi tertentu sesuai dengan topik yang dicari oleh pengguna. Fitur ini juga dpat ditemukan melalui fitur pencarian di Telegram.

Berbeda dengan obrolan grup, Kamu tak bosa melakukan interaksi dengan para pengguna lainya. Sebab, kanal Telegram menyediakan komunikasi satu arah, sehingga tak memungkinkan untuk melakukan obrolan di dalamnya.

Untuk mencari channel atau kanal memiliki kesamaan dengan cara mencari grup di Telegram, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Telegram pada ponsel.
  • Klik ikon pencarian.
  • Masukkan kata kunci pada kolom pencarian yang berkaitan dengan kanal yang akan dicari. Misalnya kamu ingin mengakses informasi film, maka ketik ‘Film Channel’ pada kolom pencarian Telegram.
  • Selanjutnya, berbagai pilihan kanal tentang film akan muncul. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya.
    Untuk menjadi pelanggan, klik ‘Bergabung’ dan secara otomatis kamu akan berlangganan kanal tersebut.

Itulah cara mencari grup di Telegram.
Kamu bisa mencari dengan cara yang sangat mudah bukan?
Semoga membantu dan bermanfaat

Demikianlah Informkasi Tentang Cara Mencari Grup di Telegram Beserta Fitur Unggul dari Grup Telegram yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel Cara Mencari Grup di Telegram Beserta Fitur Unggul dari Grup Telegram Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis