5 Arti Mimpi Menurut Islam yang Baik dan Buruk, Seperti Apa Ya?

Seringkali kita seperti mendapat kabar gembira, peringatan, ataupun teguran melalui mimpi. Ternyata sejak zaman nabi berbagai arti mimpi menurut Islam sudah ditafsirkan. Tak sedikit nabi menerima petunjuk Allah SWT lewat gambaran mimpi. Pertanda kebaikan itu biasanya dikirimkan dari perantara malaikat.

Salah seorang sahabat Rasulullah, yaitu Abdullah bin Zaid dan Umar Bin Khatab, pernah mengalami mimpi dari Allah SWT. Beliau bertemu dengan laki-laki yang mengajarkannya untuk memanggil orang-orang shalat. Laki-laki itu pula mengajari Abdullah bin Zaid melakukan azan. Sehingga keesokan paginya, Abdullah bin Zaid menemui Rasulullah dan menceritakan seluruh mimpinya.

Baca Juga: Jangan Pernah Disepelekan, Inilah 7 Arti Mimpi Kiamat

Kemudian, Rasulullah berkata, ”Sungguh ini adalah mimpi yang benar, insya Allah.” Sementara bagi manusia zaman sekarang berbagai arti mimpi menurut Islam terbagi menjadi tiga kabar. Jika bermimpi seram dan menyedihkan bisa jadi pengaruh setan atau jin. Sedangkan mimpi baik merupakan kabar gembira dari Allah. Adapun mimpi dapat berasal dari bawaan alam pikiran seseorang (ketika dirinya terjaga). Artinya mimpi dibuat sendiri oleh yang mengalaminya.

Semisal ketika sedang memikirkan sesuatu atau punya beban pikiran sebelum tidur, maka bisa jadi terbawa ke dalam mimpi. Itulah mengapa mimpinya tidak bermakna apapun, selain bunga tidur semata saja.

Mencari Arti Mimpi Menurut Islam

Itulah tiga pertanda tentang arti mimpi menurut Islam. Tetapi jangan khawatir mencari artinya. Penafsiran mimpi tidak dilarang bahkan oleh sebagian ulama dimasukkan dalam kategori ilmu syariat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menguasai ilmu-ilmu syariat juga. Supaya memiliki pondasi agama yang kuat dan tidak mudah tertipu hal-hal gaib. Apalagi untuk mengusir keburukan mimpi yang berasal dari bisikan setan atau khayalan semata.

Rasulullah Saw mengingatkan umat muslim agar selalu bersyukur kala mendapat mimpi baik selama tertidur. Mimpi yang dikirim oleh Allah SWT boleh diceritakan pada orang lain. Seperti tertulis dalam Hadits, ucapkanlah Alhamdulillah dan kabarkan mimpi pada orang lain.

Namun, jika ingin membedakan antara mimpi sebagai petunjuk baik, dengan mimpi dari godaan setan tidaklah sulit. Seperti dengan menandai waktu terjadinya mimpi tersebut. Apabila mimpi pada dini hari maka kemungkinan mimpi tersebut baik untuk ditafsirkan. Sementara mimpi akibat bisikan setan biasanya penglihatan terburuk saat awal malam ataupun petang.

5 Ciri Mimpi Baik dan Buruk

Nah berikut ini tiga makna mimpi tersebut. Kita simak ya informasinya.

1. Bertemu Seseorang Berulang Kali

Seorang terdekat yang terikat hubungan batin akan berperan penting dalam kehidupan, dan memberi semangat baru.

Baca Juga: Cek 6 Arti Mimpi Gendong Bayi! Benarkah akan Segera Menikah?

2. Bermimpi Menikah

Arti mimpi menikah menurut Islam terkait pekerjaan yang berarti kebaikan nasib seperti promosi jabatan. Namun, jika sudah punya pasangan, maka perihal mimpi bermakna kebaikan.

3. Arti Mimpi Meninggal Dunia

Perhatikan bila dirimu bermimpi meninggal atau menyaksikan tanda-tanda kematian, seperti saat sakit, atau menangis. Bisa jadi pengertian mimpi itu menunjukkan sedang dalam kondisi buruk. Terutama dalam menjalankan ajaran agama. Di sisi lain, jika mimpi meninggal kemudian hidup lagi, maka dapat menunjukkan tanda-tanda tentang suatu dosa. Sehingga kamu diperingatkan agar langsung bertobat atas dosa tersebut.

4. Mimpi Kabar Gembira

Arti Mimpi menurut Islam ini adalah petunjuk bagi seorang muslim yang taat. Menurut para ulama usai bermimpi biasanya ada sesuatu yang menggugah hati untuk berbuat kebaikan. Sesuatu dimana si pemimpi merasakan hal-hal kedamaian. Semisal di alam mimpi melihat cahaya indah yang membuat hati menjadi tenteram. Atau bermimpi sedang mengaji dengan orang-orang soleh.

5. Mimpi Melihat Ular

Jika melihat ular besar maka pertanda keberuntungan besar, namun jika ular masuk dalam rumah, maka pertanda datang tamu dalam waktu dekat. Sedangkan mimpi digigit ular sering jadi pertanda baik maka tanda bakal dapat jodoh yang baik.

Meski dapat diartikan beragam, tetapi perlu diingat bahwa mimpi tidak berpengaruh pada syariat khususnya di zaman ini. Sehingga tidak dapat dijadikan sumber suatu hukum fikih. Dari situ berhati-hatilah dalam tafsiran mimpi agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Dan sebaiknya tidak menyebarkan cerita mimpi maupun tafsirnya ke media sosial manapun.

Wahyu Arti Mimpi Menurut Islam

Dalam sebuah video kajian bersama Buya Yahya, dijelaskan bahwa sebenarnya manusia zaman sekarang ini, tak punya kemampuan menjelaskan arti mimpi secara tepat. Sebab arti yang sebenar-benarnya merupakan wahyu dari Allah SWT kepada para nabinya.

Buya Yahya menegaskan jika Nabi memberikan takwil mimpi karena wahyu. Maka janganlah mengartikan mimpi sebagai kenyataan yang pasti. Atau jangan selalu menghubungkan hidup dengan mimpi. Tetapi apabila mengalami mimpi baik lekaslah berucap syukur.

Baca Juga: Bukan Seram! Ini 3 Arti Mimpi Orang Meninggal

Demikianlah pandangan arti mimpi menurut Islam. Sebagai umat muslim sebaiknya membaca doa sebelum tidur. Agar senantiasa memperoleh lindungan Allah SWT. Terutama mimpi melihat neraka atau siksa kubur dari Allah yang berarti sedang diperingatkan tobatnya.

Demikianlah Informkasi Tentang 5 Arti Mimpi Menurut Islam yang Baik dan Buruk, Seperti Apa Ya? yang kami Rangkum dan refrensi dari beberapa sumber. Semoga Artikel 5 Arti Mimpi Menurut Islam yang Baik dan Buruk, Seperti Apa Ya? Bermanfaat bagi anda.

Tentang Penulis